header-int

Focus Group Discussion Penyusunan Action Plan Kawasan Perkebunan Kabupaten Tebo 2020 - 2024

Jumat, 09 Okt 2020, 16:36:24 WIB - 126 View
Share
Focus Group Discussion Penyusunan Action Plan Kawasan Perkebunan Kabupaten Tebo 2020 - 2024

Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo dilibatkan dalam penyusunan Action Plan (rencana aksi) pengembangan Kawasan Perkebunan Kabupaten Tebo 2020 – 2024. Action Plan merupakan dokumen rencana operasional pengembangan kawasan pertanian di tingkat kabupaten/kota yang merupakan penjabaran rinci dari Master Plan untuk mengarahkan implementasi pengembangan dan pembinaan kawasan pertanian di tingkat kabupaten/kota yang berfungsi sebagai acuan teknis dalam menyusun rencana dan pelaksanaan kegiatan pengembangan kawasan pertanian di tingkat kabupaten/kota. Substansi kegiatan tersebut menjadi rujukan utama dalam perencanaan tahunan yang diusulkan melalui mekanisme e-proposal.

Dalam penyusunannya diperlukan tahapan dalam rangka menggali informasi sebagai bahan penyusunan yang salah satunya melalui  Focus Group Discussion. Pada hari kamis 8 Oktober 2020 bertempat di Aula Dinas Perkebunan Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tebo yang juga dihadiri oleh Direktur Perlindungan Perkebunan Direktorat Jenderal Perkebunan Bpk. Ardi Praptono, SP, M.Agr, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi.. Bpk, Ir.Agusrizal, MM, Kepala Karantina Pertanian Prov Jambi Drs, Guntur, SP.MM yang banyak memberikan arahan dan rekomendasi dalam penyusunan action plan tersebut. Dari Bappeda dan  Litbang  Tebo Kabid Perekonomian Bapak Ariyanto, SE., MM, dari Dinas TPH dan KP Kabid Penyuluhan Wahyu Sri Murdo, SP hadir dan memberikan masukan untuk penyusanan Action Plan tersebut. Peserta FGD juga melibatkan seluruh Kepala Balai penyuluhan Pertanian dari 12 Kecamatan di kabupaten Tebo yang nantinya menjadi sumber informasi penting dari kecamatan masing masing terkait perkebunan karet yang menjadi prioritas penyusuan Action plan kawasan perkebunaan Kabupaten Tebo.

Penyusunan Action Plan Kawasan Perkebunan Kabupaten Tebo melibatakan Tim ahli dari Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo yang terdiri dari Bapak Subagiono,SP., MP, Akhyanis Febrialdi S.Si., M.Si dan Asnawati SP., M.Si serta didampingi Wakil dekan II Fakultas Pertanian Bapak Fikriman SPt. M.Si untuk penjajakan kerjasama (MOU) dengan Dinas Perkebunan Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tebo.

Pemaparan awal oleh Bapak B. Siregar. S.IP selaku Kabid. Perkebunan yang menyampaikan urgensi dan proses yang diperlukan untuk penyusunan Action plan. Kemudian pemaparan oleh Bapak Akhyarnis Febrialdi S.Si., M.Si terkait pemilihan Sub dan komponen kegiatan pengembagan kawasan berdasarkan Dokumen master Master Plan Pengembangan Kawasan Pertanian berbasis korporasi pada tanaman karet di Provinsi Jambi Tahun 2020-2024. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi guna menggali informasi mendalam dalam penyusunan Action Plan.

Dari FGD tersebut beberapa hal yang jadi rekomendasi penting action plan Pengembangan Kawasan Perkebunan Karet diantaranya sektor kelembagaan, pemetaan lahan, Database Lahan, Optimalisasi & Rehabilitasi Lahan Pengembangan dan Peremajaan Tanaman Karet Tua, Penyediaan sarana Produksi (bibit karet/pupuk dan Pestisida).

(Aldi)

Unidha Selamat Datang di Website FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUARA BUNGO
© 2021 Universitas Muara Bungo Follow Universitas Muara Bungo : Facebook Twitter Linked Youtube